Kasih Sayang di Atas Kanvas

SURABAYA – Bagaimana para pelukis mengekspresikan nilai-nilai kasih sayang dalam karya? Tema itulah yang diangkat dalam pameran seni rupa Amazing Grace di Orasis Art Gallery, 8-22 Januari.

Sebanyak 28 perupa dari Surabaya, Jogjakarta, Nganjuk, Denpasar, Batu, dan Ponorogo memajang 52 karya. “Mereka dibebaskan mengartikan tema itu dalam bentuk masing-masing,” kata Djunaidi Kenyut, koordinator pameran, kemarin (8/1).

Di antara 52 karya tersebut, kebanyakan berbentuk lukisan (47 buah). Kemudian, terdapat dua patung dan tiga keramik. Bentuk yang beragam itulah yang merangkum arti kasih sayang secara universal. Mulai kasih sayang antarsesama, kasih manusia kepada alam, kasih kepada anak jalanan, hingga kasih kepada orang papa dan yang terpinggirkan.

“Sejak mereka mengajukan konsep karya, kami melihat penampilan masing-masing karya berbeda. Tapi, justru inilah yang kami harapkan menggugah kepedulian kita kepada sesama,” ungkap Kenyut.

Salah satu karya yang dipamerkan di lantai satu galeri di Jalan H.R. Muhammad itu adalah karya Agus Attto Suryanto. Lorong kecil yang tercipta dari tumpukan konstruksi bangunan baja menjadi sangat sunyi ketika dilewati seorang gadis kecil dengan boneka Teletubis di tangan kiri. “Mungkin Agus ingin mengkritik orang tua yang lupa mengasuh anaknya karena terlalu sibuk bekerja,” tuturnya.

Sementara itu, lukisan Jaranan Gedebog dan Anak Perempuan Menari Putri Malam karya perupa cilik dari Batu Labiqoh Az-Zaroh menginspirasi keceriaan masa kecil. Kasih sayang yang didapatkan dari orang tua tergambar dalam goresan tinta gadis berusia enam tahun tersebut. Sederhana, tapi bermakna dalam. (uji/ari)

Jawa Pos, Rabu, 09 Jan 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: