Di SMA Negeri 4, Anak-anak Jalanan Pamer Komposisi Karya Sendiri

suarasurabaya.net| Meski kerap dianggap sampah masyarakat, dan pembuat onar, anak-anak jalanan ternyata punya kemampuan serta skill dalam bermusik. Buktinya, Senin (07/01) anak-anak jalanan ini pamer komposisi karya mereka sendiri dihadapan siswa SMA Negeri 4 Surabaya.

“Ini memang bagian dari mata pelajaran kesenian. Kami ingin memberikan input kepada siswa untuk mau berkarya dan bangga dengan karya-karya yang mereka buat sendiri. Anak-anak jalanan bisa, kenapa mereka tidak,” tutur SYAIFUL ARIF guru kesenian SMAN 4 Surabaya, Senin (07/01).

SOMA, SYAIFUL, ANDREAS, AHMAD, ZAINAL dan SYAIFUDIN adalah anak-anak jalanan yang biasa mengkal disekitar kawasan Ambengan. Usia mereka rata-rata masih belasan tahun, namun tempaan kerasnya kehidupan jalanan membuatnya mampu berkarya dan penuh percaya diri memainkannya.

“Mereka kita ajak workshop bersama-sama dengan Bledhek Sigar. Dibawah pengawasan Laboratorium Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, mereka dibimbing mengisi keseharian yang bermanfaat. Satu diantaranya bermain musik,” ujar ZAINURI.

ZAINURI yang juga dikenal sebagai motor kelompok musik Bledhek Sigar sekaligus vokalis itu, mengaku tertarik dengan anak-anak jalanan dari Ambengan tersebut, lantaran kemampuan mereka dalam bermain musik cukup lumayan. “Sayang kalau bakat yang bagus nggak dipupuk terus,” papar NURI sapaan ZAINURI pada suarasurabaya.net.

Memainkan komposisi-komposisi karya mereka sendiri dihadapan siswa SMAN 4 Surabaya, menurut SOMA, awalnya deg-degan. “Tapi setelah itu nggak masalah. Aku membayangkan lagi ngamen di perempatan jalan. Beres,” kata SOMA.

Sedangkan BAGAS GAYUH AJI siswa kelas 10.8 SMAN 4 Surabaya mengaku cukup senang dengan kehadiran rekan-rekannya yang biasa dijalanan itu. “Oke saja. Nggak masalah. Kita senang saja ada teman baru, termasuk komposisi-komposisi karya mereka itu,” ujar GAGAS saat ditanya suarasurabaya.net, Senin (07/01).(tok)

Teks foto:
-Memancing inspirasi siswa SMAN 4 Surabaya.
Foto: TOTOK suarasurabaya.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: