Konser Latih Keberanian

SURABAYA – Gemulai gerakan penari balet selalu menarik dilihat. Apalagi jika gerakan tersebut dipadu iringan musik modern yang sudah akrab di telinga. Suguhan hiburan dari sejumlah penari balet cilik itulah yang memeriahkan Royal Plaza kemarin (2/1)

Pentas yang didukung 50 siswa sekolah balet di Jalan Jagalan tersebut merupakan konser perdana pada awal 2008. “Suasananya masih pergantian tahun, jadi semangat anak-anak untuk tampil cukup besar,” kata Amelia Tandjung, staf pengajar Dewi Ballet.

Karena itu, mereka pun menampilkan tarian berjudul Trumpet Voluntary yang sengaja disajikan khusus menyambut pergantian tahun. Enam penari tampak meliuk-liuk dengan lincah membawa terompet berbentuk saxophone. Tarian itu pun mengundang aplaus panjang dari pengunjung Royal Plaza.

Dalam konser kemarin, Dewi Ballet menampilkan sembilan tari. Tarian-tarian tersebut dibawakan dengan durasi rata-rata 3-4 menit. Selain untuk menunjukkan hasil belajar balet selama setahun, konser tersebut dijadikan ajang melatih keberanian. Maklum, rata-rata peserta berusia 3-9 tahun.

“Mereka belum terbiasa tampil di panggung yang dilihat banyak orang. Penampilan di mal bisa melatih keberanian,” ujarnya.

Uniknya, ada penampilan tiga penari balet putra membawakan tari Soldier in Red. Padahal, selama ini, balet selalu identik dengan gerakan gemulai perempuan. Tak pelak, aksi penari laki-laki itu pun mendapat perhatian tersendiri dari penonton. “Kebetulan, yang tampil adalah putra staf pengajar. Jadi, meski putra, tidak sulit mengajarinya,” jelas Amelia.

Salah seorang penari balet putra yang tampil adalah Jason Nicholas Tandean. Jason yang berumur lima tahun itu merupakan putra Amelia. Dia tertarik pada balet karena sering diajak ibunya mengajar. “Awalnya, Jason hanya suka mendengarkan musik pengiring tariannya. Eh, lama-kelamaan minta diajari juga,” ungkap alumnus Dewi Ballet tersebut. (uji)

Jawa Pos, Kamis, 03 Jan 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: