Peduli Taman Kota Surabaya Berencana Lukis Taman-taman Kota

BUDI OMAYA suarasurabaya.net| “Saya secara pribadi mungkin nggak punya kenangan khusus pada taman-taman itu. Tetapi perubahannya yang kemudian menjadi indah dan asri itu sayang rasanya kalau sampai hilang. Saya bisa melukis, dengan melukis itulah saya mencoba untuk mengabadikan keindahan taman-taman kota Surabaya”.

Arek Suroboyo kelahiran kampung Kupang Panjaan, menceritakan itu saat ditemui suarasurabaya.net, Sabtu (29/12) sambil sibuk mengabadikan asrinya Taman Bungkul dalam kanvas berukuran 100 x 85 cm.

Bagi BUDI, melukis merupakan kesehariannya sejak sekitar 40 tahun lalu. Dalam perjalanan hidupnya, melukis menjadi pekerjaan sekaligus sebagai bentuk kegembiraannya menuangkan hobi. Karena dalam silsilah keluarganya melukis adalah bagian dari hidup.

“Bapak saya juga pelukis. Sekarang ini, ada satu diantara anak saya yang juga menggemari seni lukis. Dulu waktu pertama kali belajar, saya juga cuma melihat-lihat Bapak saat sedang melukis. Bisa dibilang saya otodidak,” tambah BUDI OMAYA yang lebih suka melukis landscape itu.

Setelah sekian lama, hanya melukis dirumah saja, BUDI OMAYA akhirnya nekad keluar rumah dan ingin mengabadikan sejumlah taman kota di Surabaya yang menurutnya bisa jadi ikon kota. Untuk tahap awal, BUDI memilih Taman Bungkul yang jadi obyeknya.

Setelah itu sederet jadwal bakal dilaksanakannya, dalam rangka partisipasi sebagai Arek Suroboyo, dengan mengabadikan taman-taman kota Surabaya kedalam kanvas. “Termasuk nantinya Taman Surya. Menurut saya taman di Surabaya sekarang ini sangat bagus,” kata BUDI OMAYA pada suarasurabaya.net.

Menggunakan palet, tangan BUDI lincah mengabadikan hijauya Taman Bungkul, Sabtu (29/12) siang itu. Beberapa pengunjung Taman Bungkul, beberapa diantaranya berdecak kagum melihat goresan palet BUDI OMAYA. “Bagus sekali. Mirip aslinya,” ujar FREDERIKA INDAH mahasiswi UK Petra Surabaya, yang menyaksikan aksi BUDI OMAYA ‘mengabadikan’ Taman Bungkul.(tok)

Teks foto:
-BUDI OMAYA ‘mengabadikan’ taman Bungkul.
Foto: TOTOK suarasurabaya.net

29 Desember 2007, 18:44:36, Laporan J. Totok Sumarno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: