Tiga Pameran Seni Rupa Tutup Tahun di Mojokerto

Tiga kegiatan seni rupa akan menutup tahun 2007. Pameran GUYUB RUKUN akan diadakan Biro Seni Rupa Dewan Kesenian Kota Mojokerto (DKM). Pembukaan Jumat, 28 Desember 2007 pukul 19.00 wib oleh Ibu Hj Anis Sutomo, wakil Ketua DKM. Kegiatan akan diikuti 10 pelukis dengan mengambil tempat di Sekretariat DKM Jl. Gajah Mada 149 (samping GOR dan Seni Majapahit). Menurut Sochieb, Biro Seni Rupa DKM kepada koran ini menjelaskan tujuan diadakan pameran ini adalah mempererat hubungan silaturahmi antar seniman khususnya perupa sekaligus menandai pembukaan galeri senirupa di sekretariat DKM. Pameran berlangsung hingga 5 Januari 2008.

Kegiatan kedua diadakan di Rumah Makan Restu Bundo Jl Raya Trowulan pada hari Minggu, 30 Desember 2007 mulai pukul 08.00 wib. Mas Ronny, ketua penyelenggara kegiatan menjelaskan, “Kegiatan nanti lebih banyak mengulas perkembangan seni secara umum yang telah diadakan di Mojokerto sepanjang tahun 2007. Ya, semacam refleksi bagi kita pekerja seni, dengan harapan kegiatan di tahun 2008 lebih baik lagi”. Lebih jauh Mas Ronny, sehari-hari sebagai guru di SMAN 2 Kota Mojokerto menambahkan ,”Tahun ini banyak kawan-kawan perupa baik secara individu maupun komunitas lebih banyak mengadakan pameran. Tentu ini sesuatu yang menggembirakan. Kegiatan pameran juga tidak hanya diadakan oleh Dewan Kesenian Kota dan Kabupaten Mojokerto namun juga tumbuhnya komunitas perupa seperti Dlanggu dan Ngoro.Secara individu kami mencatat Joni Ramlan berhasil meraih salah satu pemenang dalam Kompetisi Senirupa Kisi Kisi Jakarta, menjadi ilustrator cerpen di Kompas Minggu dan pameran bersama A Beautiful Death di Bentara Budaya.Hadi Sucipto (Pak Cip) berhasil lolos seleksi Festival Seni Surabaya, Gelar akbar Perupa Jatim dan Biennale Jatim 2007 di Taman Budaya Jatim.Tempat- tempat alternatif seperti Café Amanah, Rumah Makan Restu Bundo dan Taman Bacaan Masyarakat Harapan di Pohkecik juga memberi kesempatan kepada perupa untuk mengadakan pameran”.

Kegiatan ketiga oleh Taman Bacaan Masyarakat harapan di Pohkecik, Dlanggu tepat pergantian tahun baru. “Sudah ada 24 pelukis yang memastikan ikut dan kami masukkan dalam katalog pameran”, jelas Ema Sujalma, sekretaris kegiatan pameran. Eminx, panggilan akrab Ema Sujalma menambahkan”, Saya senang dengan respon dari kawan-kawan pelukis terhadap pameran akhir tahun ini.Selain pameran seni rupa akan dipamerkan juga koleksi buku TBM Harapan sekitar seribu judul”.

Kepada koran ini Eminx menambahkan bahwa pameran ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan komunitas perupa Dlanggu. Tahun lalu diadakan di Balai Desa Segunung dan diikuti 15 perupa.Selanjutnya Eminx menjelaskan” Saya cukup optimis dengan perkembangan seni rupa di Dlanggu. Saya sendiri dan Sunali tahun ini lolos seleksi Pameran seni rupa Bang Wetan di Gedung Merah Putih Kompleks Balai Pemuda Surabaya, tanggal 20-27 Mei 2007 dan Taman Ismail Marzuki Jakarta 7-15 Juli 2007.Kurator pameran adalah Sri Warso Wahono, Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Jakarta. “Selain itu kami juga mempunyai agenda rutin berupa pameran bersama Dlanggu Boulevard tiap bulan Mei”. Untuk pembiayaan kegiatan pameran Eminx menjelaskan secara swadaya urunan tiap peserta juga ada beberapa sponsor selain dari kas TBM Harapan sebesar satu juta rupiah.
(Dimuat Harian Radar Mojokerto, Kamis, 27 Desember 2007 halaman 38)

Konfirmasi:

  1. Sochieb, Biro Seni rupa DKM: 085 64 96 97 027
  2. Mas Ronny:081 231 80 470
  3. Ema Sujalma : 0321- 510165 dan 081 586 366 991.

2 Responses

  1. senang berkenalan dengan Anda, kami praktisi seni rupa di daerah berharap jalinan komunikasi ini berlanjut terus dan semakin bermakna.

  2. MENGANGUMKAN.
    TERUS BERKAYA, SEMOGA SUKSES SELALU.

    SALAM,
    HERU
    GORONTALO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: