Kualitas Tak Layak, Guru Seni Digembleng

MALANG – Diknas Kota Malang mulai serius menyikapi kualitas guru mapel (mata pelajaran) kesenian di tingkat SD. Sebab, guru mapel kesenian yang selama ini mengajar banyak yang belum kompeten. Mereka mengajar hanya didasarkan keahlian tambahan yang dimiliki.
Kabid PLS Diknas Kota Malang J.S. Boediono mengatakan, hanya 30 persen dari 295 guru SD negeri dan swasta di Kota Malang yang layak mengajar pada mapel ini. “Makanya kami menyarankan kepada kepala sekolah SD untuk merekrut GTT yang memiliki latar belakang pendidikan seni,” ungkap Boediono.
Penilik sekolah sekaligus pembina seni Diknas Kota Malang Tri Suhariyanto juga mengakui guru kesenian yang benar-benar sesuai dengan disiplin ilmunya memang masih minim. “Karena kesulitan guru kesenian, tak jarang guru yang memiliki hobi menyanyi lantas memberi materi menyanyi. Malah, guru yang pernah memiliki juara menari kemudian diberi kepercayaan memberi materi seni tari,” katanya.
Bahkan, kata dia, di SD tertentu mapel kesenian di-handle guru kelas. “Padahal, guru yang boleh mengajar kesenian harus lulus sertifikasi. Kami pun juga sedang melakukan pendataan ulang,” ujarnya.
Untuk mengatasi persoalan tersebut, Diknas Kota Malang sudah menggandeng UM dan Sekolah Tinggi Karawatian Surabaya dalam rangka meningkatan kualitas guru kesenian. Sekitar 25 guru telah difasilitasi menempuh pendidikan setara D-2 di UM untuk mendapatkan pendidikan. Program ini nanti akan dilakukan secara bertahap.
Menurut Tri, langkah ini penting dilakukan karena turut menunjang kemajuan prestasi di bidang seni di Kota Malang. Sebab, maju mundurnya prestasi bidang seni juga bergantung keberadaan guru-guru seni di sekolah.
“Di tingkat nasional prestasi Kota Malang juga harus terus eksis. Makanya perlu dibarangi pembenahan di bidang SDM. Apalagi di sekolah-sekolah tertentu, kesenian dijadikan kegiatan ekstrakurikuler,” ungkapnya. (hap/ziz)

Radar Malang, Selasa, 18 Des 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: