Diluncurkan, Buku Esai Budi Darma

SURABAYA – Pada 25 April lalu, novelis Prof Dr Budi Darma genap berusia 70 tahun. Itu berarti, guru besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu sudah memasuki masa purnatugas alias pensiun. Namun demikian, hingga kemarin pagi (6/12) dia masih aktif menularkan ilmunya ke para mahasiswa.
Mantan rektor IKIP Surabaya (sebelum jadi Unesa, Red) itu secara resmi pensiun sejak Mei lalu. Kini dia menjadi guru besar emeritus di kampusnya itu. Dengan demikian, meski secara kepegawaian sudah pensiun, penulis novel Olenka itu masih tetap bisa mengajar di Unesa. Bahkan, jadwal mengajarnya tak berubah. “Tetap dari Senin sampai Jumat,” katanya.
Keinginan untuk mengajar itu dikarenakan dia ingin sedapat mungkin mengamalkan ilmunya. Dia juga ingin tetap mengajar karena orang-orang yang tertarik dengan ilmu sastra jumlahnya masih sedikit. Apalagi, sastra murni. “Kecenderunganya sekarang sastra tidak ditinjau dari segi sastra, tetapi dari kaitannya dengan masyarakat,” ujar bapak tiga anak itu.
Untuk menandai masa pensiun Budi Darma, sejumlah murid dan kawan-kawannya, Sabtu (8/12) besok akan menggelar seminar sastra pop sekaligus peluncuran buku bertajuk Bahasa, Sastra, dan Budi Darma, kumpulan esai pengarang novel Orang-Orang Bloomington itu. Seminar yang dilangsungkan di Auditorium FBS Unesa itu akan menampilkan pembicara Suparto Brata, Lan Fang, Yati Setiawan, Audifax, serta Budi Darma sendiri.
“Saya tidak tahu kalau ada buku tentang saya yang akan diluncurkan. Saya berterima kasih atas perhatian teman-teman bila buku itu memang jadi diterbitkan,” tandas peraih Ahmad Bakrie Award 2005 itu. (may/ari)

Jawa Pos, Jumat, 07 Des 2007

One Response

  1. bUKuNya BagUS bGt……..
    Aq dAH bAcA lHO !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: