Dalang Muda Perlu Dibina

Dari Festival Pedalangan se-Jatim 2007
SURABAYA – Hadirnya beberapa dalang muda dalam Festival Pedalangan se-Jatim 2007 memberi harapan segar regenerasi dalang di daerah ini. Kehadiran mereka diharapkan mendapat perhatian dan pembinaan lanjutan dari Dinas P dan K Jatim.
Djumiran Ranto Atmojo, salah seorang juri festival ini menyambut gembira penampilan para dalang muda tersebut. “Tahun-tahun sebelumnya dalangnya itu-itu saja. Tahun ini ada beberapa wajah baru,” katanya di arena lomba, pendapa Dinas P dan K, Jalan Jagir Wonokromo. Festival dimulai 3 Desember lalu dan akan berakhir malam ini (5/12).
Festival kali ini diikuti 29 dalang, lima di antaranya dalang muda yang baru mengikuti festival tahun ini. Sayang, kata Djumiran, para dalang muda itu belum banyak mengerti pakem wayang sepenuhnya. Durasi pentas satu jam seperti disyaratkan belum digarap secara maksimal.
“Naskah wayang itu durasinya semalam suntuk. Nah mereka masih fokus ke pakem konvensional itu. Padahal, jika dipadatkan satu jam, dalang harus meramu lagi adegan-adegan penting dari setiap lakon yang dipentaskan,” katanya.
Hadirnya dalang yang berpendidikan tinggi juga diharapkan dapat mendukung upaya pelestarian seni budaya tradisional di kalangan generasi muda. “Alur cerita yang ditampilkan dalang muda disesuaikan dengan kehidupan anak muda. Jadi tidak membosankan penikmatnya,” ujar penulis naskah wayang kulit itu.
Di akhir festival nanti dewan juri akan memilih 10 dalang terbaik yang akan mengisi pergelaran wayang kulit semalam suntuk sebulan sekali di pendapa Dinas P dan K Jatim. (uji/ari)

Jawa Pos, Rabu, 05 Des 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: