Gengsi Dari Sebuah Proses Di Biennale Jatim II 2007

suarasurabaya.net| “Karena untuk melakukan kurasi, tim yang ada melakukannya sejak proses awal gagasan atau konsep dituangkan. Sampai kemudian menjadi sebuah karya yang dipamerkan di Biennale Jatim II 2007. Sebelumnya proses itu tidak ada”.
DJULI JATIPRAMBUDI pengamat seni sekaligus kurator Biennale Jatim II 2007, Kamis (29/11) mengungkapkan itu terkait dengan rencana persiapan Biennale Jatim II 2007 yang bakal digelar 11 – 24 Desember 2007 mendatang.
Membandingkan dengan biennale sebelumnya pada tahun 2005, JULI menyatakan bahwa ketika itu kurasi yang dilakukan berdasarkan karya yang masuk atau by product. “Ketika itu kami tim kurator hanya melakukan penilaian ketika karya sudah jadi dan diterima tim. Itu sangat berbeda dengan Biennale II,” kata DJULI JATIPRAMBUDI pada suarasurabaya.net.
Tahun ini kurator yang diantaranya adalah SYAFRUDDIN dan AGUS KUCINK bersama DJULI JATIPRAMBUDI sendiri, merubah sistem kurasi dengan terlebih dulu menggelar workshop yang diikuti seniman atau perupa dari seluruh Jawa Timur.
Kemudian dilanjutkan dengan pameran bersama, atau gelar akbar yang dikuti seluruh peserta dengan karya-karyanya seusai mengikuti workshop. “Makanya untuk tahun ini prose kurasi kita lakukan by proses,” tutur JULI.
Tahun ini, Biennale Jatim 2007 diikuti 34 perupa dengan 34 karya dari beberapa ranah seni rupa. Tidak cuma seni lukis, video art, digital art, grafis, drawing, patung, instalasi dinding, video performance, seni komik, dan secara keseluruhan digelar di Taman Budaya Jawa Timur.(tok)

29 November 2007, 16:49:43, Laporan J. Totok Sumarno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: