Kiki Terpilih Jadi Duta Tari Jatim 2007

SURABAYA – Rizky Ani Novantie, yang akrab dipanggil Kiki, dari Lamongan terpilih sebagai Duta Tari Jatim 2007 pada Jumat (23/11) malam. Setelah melalui seleksi dan karantina, Kiki mampu menyisihkan 23 finalis lain yang tampil dalam malam final Duta Tari Jatim 2007 di Ballroom Mercure Grand Mirama.
Tampil membawakan tari Remo, Kiki percaya diri saat menjawab pertanyaan juri tentang apa yang akan dilakukannya jika terpilih menjadi Duta Tari 2007. “Saya ingin sejajarkan tari daerah sebagai aset pariwisata. Jadi, bukan hanya kekayaan alam yang bisa dijual untuk pariwisata,” jawabnya.
Dibandingkan peserta lain, siswa kelas I SMAN 1 Lamongan itu mengaku memiliki dasar tari yang paling minim. Setelah bertemu dengan peserta lain, semangatnya justru terpacu untuk mempelajari tari daerah lebih dalam. “Sebenarnya sulit juga belajar karena waktunya terbatas. Tapi, niat dan semangat belajar yang kuat mampu mengalahkannya,” ujarnya.
Duta Tari Jatim 2007 merupakan ajang pencarian bakat penari daerah yang diadakan Dinas Pariwisata Jatim. Even tersebut adalah yang pertama. Rencananya, agenda itu dibuat tahunan. Menggandeng JTV, acara tersebut diharapkan bisa memacu semangat melestarikan tari budaya di kalangan anak muda. “Anak muda cenderung enggan mempelajari tari daerah karena terkesan kuno. Dengan mengangkat Duta Tari, rasa cinta pada budaya sendiri diharapkan bisa tumbuh,” kata Nurdin Longgari, produser Duta Tari Jatim 2007.
Pemilihan Jumat malam tersebut dimulai dari 23 penari yang sudah diseleksi di antara total 38 penari. Setelah tampil semua, dipilih 10 besar penari yang kemudian disaring menjadi lima besar. Wakil dari Ngawi, Nova, menduduki wakil I setelah Kiki. Disusul Theresia dari Surabaya sebagai wakil II. “Nova juga menjadi pemenang favorit atas dukungan pemirsa melalui SMS sejak pemilihan dimulai dua bulan lalu,” jelasnya. (uji)

Jawa Pos, Minggu, 25 Nov 2007

5 Responses

  1. sayamemberi masukan kepada pengurus administrasi Duta Tari Jatim, bahwasannya mereka harus membenahi semua kelancaran administrasi dan keperluan yang bakal digunakan para duta. Seperti jadwal roadshow, surat dispensasi, jadwal karantina dll perlu diperhatikan. karena itu sangat diperlukan termasuk surat tugas. masalahnya pengalaman mengantarkan teman saya ke dinas pariwisata guna mengambil surat tugas dan dispensasi ternyata masih simpang siur, pdahal surat itu penting untuk ijin kuliah. Serta jadwal kegiatan yang masih tidak karuan simpang siur kejelasannya. Dinas pariwisata dan pihak Jtv terlihat masih tidak karuan. Terus terang kita masih bingng, waktu itu masa karantina sudah dimulai, tetapi surat dispensasi belum keluar juga, padahal surat itu sangat dibutuhkan untuk ijin kuliah.
    Terima kasih ini sekadar masukan agar Jtv & Dinas pariwisata dapat bekerjasama sebaik-baiknya demi kelancaran program DP jatim. Agar peminatnya tidk kecewa dan dengan senang hati dan puas mengikuti program ini.

  2. Bisa minta tolong lagu2 tari tradisional biar di up load di website ini gak?
    Saya pingin bgt..kangen bgt sama lagu2 tari daerah..tp karena saya di luar pulau, jadi susah untuk mendapatkannya. Tidak harus dari Jawa Timur, dari Jawa Tengah-Yogyakarta.. Seperti Jejer Jaran Dhawuk, Remo, Mayang Rontek, Gambir Anom, Gambyong.. apa aja d…
    Kalau ada, tolong kabari saya yah..
    dewide@gmail.com

    Paling g, dengan memasukkan musik tari tradisional di dunia maya, banyak mengenalkan orang..

    Terimakasih..

  3. adanya DP 2007 ini merupakan wadah baik untuk mengembangkan tari jatim. tapi bagi dispar yg menjadi penanggung jawab keg ini, tolong berikan dan buat program pasca pemilihan bagi para DP. tidak hanya sekedar memilih, lalu tidak mengurus DP lagi, lalu tiba2 akan dilakukan DP 2008. sebaiknya sebelum melakukan pemilihan kedua, urus dulu hasil pemilihan yang pertama, setelah pondasi keg dan DP mantap, baru lakukan pemilihan berikutnya.

  4. Kepada panitia Duta Penari 2008, saya mau menanyakan kejelasan dari pemilihan ini mengingat acara yang telah dijadwalkan belum terlaksana seperti karantina dan sebagainya. Mohon segera diinformasikan kepada seluruh finalis duta penari Jatim 2008 kapan saatnya briefing dan karantina mengingat banyaknya kegiatan diluar event tersebut. Demikian, terima ksih atas perhatiannya. Semoga acara ini dapat terlaksana dengan lancar dan baik.

  5. sebagai DP 2007 alangkah baiknya harus selalu siap dalam berbagai event apapun bentuknya. seorang duta hendaknya menjadi visualisasi dan inspirator dalam dunia seni khususnya bidang tari,duta penari ini hendaknya juga selalu aktif dalam berbagai aktivitas kepariwisataan khususnya promosi mengenai tari- tari di jawa timur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: