Tiga Siswa Lamongan Juara Festival Pop Singer Remaja 2007 Jatim

Ingin Tampil Beda, Lagu Pop Dinyanyikan Ngerock
Tiga siswa Lamongan sukses meraih juara dalam festival Pop Singer Remaja 2007 se-Jatim di Taman Krida Budaya Malang yang digelar 21-22 November lalu.
B. FEBRIANTO, Lamongan
Tiga siswa yang meraih juara itu Ayu Terra Prahastiwi Prawoto, siswa kelas X SMAN 1 Lamongan sebagai juara II jenis pop wanita. Martinus Ricard Norin Riswa, siswa kelas XI SMAN 2 Lamongan meraih juara harapan I jenis pop pria. Dan Aulina Hia Tho’abina, siswa SMAN 2 Lamongan sebagai juara harapan II jenis keroncong wanita.
Ketiganya kemarin (23/11) diterima Kepala Dinas P dan K Lamongan Mustofa Nur di ruang kerja kepala dinas P dan K. “Meski belum bisa meraih juara pertama, prestasi yang diraih ketiga siswa tersebut sangat membanggakan. Karena baru kali pertama ini Lamongan bisa meraih prestasi di lomba tersebut,” kata Mustofa Nur.
Sedangkan menurut Kasi Seni Budaya Dinas P dan K Lamongan Suyari, yang ikut dalam pertemuan itu, prestasi tiga siswa tersebut melengkapi keberhasilan Lamongan di bidang seni budaya, setelah sebelumnya berhasil meraih juara pertama pesona budaya nusantara di Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) Jakarta lewat Tari Boranan.
“Selama ini Lamongan sering meraih prestasi seni budaya untuk klasifikasi pentatonis (tradisonal), sedangkan untuk jenis diatonis (modern) jarang, salah satunya juara pop singer ini,” paparnya.
Setelah para pembinanya saling melaporkan, giliran ketiga siswa tersebut diminta bercerita tentang pengalamannya mengikuti lomba tersebut. “Peserta kelompok wanita 12 orang, semuanya berbobot, sehingga saya sempat minder,” kata Ayu.
Menurut personel salah satu grup penyanyi Trio Zebra itu, saat mendapatkan giliran tampil di hadapan para juri, dia memilih lagu wajib berjudul Bunga Terakhir yang biasa dinyanyikan Boby Romeo dan lagu pilihan berjudul Tanpa Kekasih milik Agnes Monica.
“Saya melihat semua peserta rata-rata berusaha meniru seperti penyanyi aslinya. Saat itu saya berpikir untuk tampil beda. Kemudian saya memilih untuk membawakan lagu pop tersebut menjadi ngerock. Ternyata penampilan saya yang beda tersebut mendapat perhatian besar dari juri,” ungkapnya.
Akhirnya, Ayu berhasil meraih juara II. “Saya tetap bersyukur, karena masih bisa meraih juara meski dengan persiapan minim dan saingannya cukup berat. Juara pertama akhirnya diraih peserta dari Surabaya,” ungkapnya.
Sementara itu, peraih juara harapan 1 Martinus mengaku sangat terkesan tampil di even tersebut. “Meski sudah sering juara menyanyi, untuk di tingkat provinsi baru kali pertama ini,” ungkapnya.
Menurut anak pertama (dari dua bersaudara) pasangan Bu’u Bruno dan Irine itu, kemampuannya menyanyi menurun dari ayahnya yang sampai saat ini aktif di grup musik Dishubpar. “Saya bercita-cita sukses di bidang seni,” ujarnya.
Dari tiga siswa tersebut, yang paling menarik perhatian adalah Aulina. Sebab, dia meraih prestasi di jenis musik keroncong yang selama ini semakin terdesak oleh musik pop dan dangdut, serta hanya didominasi kalangan tua. “Meski cengkoknya cukup sulit, selama ini saya tidak mempelajarinya secara khusus,” ungkapnya.
Menurut anak pertama (dari dua bersaudara) pasangan Hambali dan Mudjiati itu, saat tampil dirinya membawakan lagu wajib berjudul Biar Kusendiri dan lagu pilihan berjudul Kapan Kau Mengerti. Kedua lagu itu biasa dinyanyikan Hetty Koes Endang. “Sebenarnya saya biasa menyanyi lagu pop. Tapi ketika diminta menyanyi keroncong, alhamdulillah, dinilai baik, sehingga menjadi keterusan,” ungkapnya.
Aulina mengaku sering meraih juara menyanyi, sampai lupa jumlah puala yang didapat. Salah satunya, juara II Star Idol di Jakarta. Kemampuan menyanyi cewek kelahiran 14 Agustus 1991 itu diturunkan dari ayah dan ibunya. Ayahnya mantan personel sebuah grup musik, sedangkan ibunya merupakan penyanyinya. “Saya bercita-cita menjadi artis, insya Allah,” ujarnya. (*)

Radar Bojonegoro, Sabtu, 24 Nov 2007

One Response

  1. yang bener ntuh AULINA HIA THO’ATILLAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: