Reog Ponorogo itu disebut Tari Barongan

Berikut ini adalah downlod dari http://www.heritage.gov.my/kekkwa/index.php?bahan=viewbudaya.php?id=458, yang berisi klaim terhadap Reog Ponorogo yang menggegerkan itu. Dalam situs itu, disebutkan sebagai salah satu Tarian Tradisional Melayu, yang dinamakan: Tari Barongan

barongan1.jpgBarongan menggambarkan kisah-kisah di zaman Nabi Allah Sulaiman dengan binatang-binatang yang boleh bercakap. Kononnya, seekor harimau telah terlihat seekor burung merak yang sedang mengembangkan ekornya. Apabila terpandang harimau, merak pun melompat di atas kepala harimau dan keduanya terus menari. Tiba-tiba Pamong (Juru Iring) bernama Garong yang mengiringi Puteri Raja yang sedang menunggang kuda lalu di kawasan itu. Pamong lalu turun dari kudanya dan menari bersama-sama binatang tadi. Tarian ini terus diamalkan dan boleh dilihat di daerah Batu Pahat, Johor dan di negeri Selangor.

barongan2.jpg

15 Responses

  1. ini mah nyontek reog ponorogo….cuma ga ada waroknya doang

  2. wah hebat dong Malysia sudah mulai ikut – ikutan kebiasaan nyontek kaya kebiasaan orang – orang Indonesia. Tapi ini lain lho, sama kasus “penyontekan” reog Ponorogo….
    Hal ini kira – kira sebagai imbas, dari keTIDAK pedulian dari GENERASI MUDA dan PEMERINTAH terhadap hak miliknya yang berharga dan sulit untuk dicari bandingannya.
    Gimana kalau Generasi Muda dan Pemerintah tidak peduli dengan budayanya???? yah…habislah dicaplok orang…

  3. aq orng prtma yg ngganyang malingsya jk kesenian daerahku di akui

  4. mnurut gw mlaysia itu gq pke otak kali waktu ngerebut reog.soalnya pamor mereka bisa turun gara2 dikira NEGARA PENCURI.ENYAHLAH KAU MALAYSIA!!!!!

  5. Info terkini,
    Nama REOG menjadi nama salah satu group band di Amerika.
    Berikut linknya….. http://www.pawargo.com/2009/03/salam-dari-los-angeles-buat-segenap.html

  6. Malaysia tuw biSanya nyAplok puNya Indonesia,
    dia khan gak punya kebudayaan apapun,lagu kebangsaan aja nyontek ma Lagu Terang Bulan…
    Gak sah ngajakin orang Indonesia tAwuran pEkg,sANTAI BoZ..

  7. eh klo nyontek itu jgn keterlaluan,MALAYSIA taek pikiran anda di dengkul bukan di kepala dikepala gak cukp memangnya??????!!!!! apalagi di dengkul !!!!!!!!!apalagi yang mo dicontek ?????? tarian pendet??????udah dicontek apalagi BUAAAAAAAAAAAAAAAAAAANYAK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. yang pada marah2 karena budaya Indonesia dicaplok Malaysia… kira2 kontribusi apa yang telah kalian berikan terhadap budaya Indonesia ini? misal wayang, apakah kalian selalu dan selalu mengikuti pertunjukan wayang? yang ada anak muda sekarang mana mau sih nonton wayang? minimal dengerin pertunjukkannya dari radio atau internet… anak muda sekarang bisanya bikin lagu2 cengeng dan itu pun nyontek sama lagu orang… doyannya desek2 an ikut nonton konser band sampe mati sia2… emg ada yang desek2an ampe mati sia2 buat nonton wayang? haha.. belom pernah denger sih..

  9. lihat di http://www.forkestramara.com, orang malang aja tidak mau mengklaim asal seni budaya daerah lain justru mengembangkan di malang. ayooooo anak bangsa gali seni budaya lokal kita.

  10. kalau malaysia suka ngeklaim budaya indonesia,sekalian aja dosa2 kita klaim juga

  11. Hmmmm……………………Tari Itu dari Negara ku Sendiri Jadi Perlu Dilestarikan dOnk……………………………………………KPD Pemerintah Harus jaga itu ………………………………………………………………………………………….. YA Help me please!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  12. oi orang malaysia jangan ngambil buaya indonesia se enaknya aja liat efek nya nanti
    (‘_’)

  13. lok gak ingin tawuran ma orang indonesia gak sah ngrebut kesenianny bangsa lain dech.kayaknya aq dah muak dengan berbagai pengakuan dari malaysia.mreneo koe malaysia ben tak ganyang raimu!!!!jangan bikin bangsa ini menjadi menderita karena hilangnya berbagai budayanya.

  14. kog nma BarongX Malaysia c……..????????????

    bknX ithu pnya daerah Ponorogo…?????????????

    SAYA TIDAK TERIMA……..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    saya gag terima….seharusnya bangsa INDONESIA yang mengembangkan kesenian ithu!!!!!!!! kemana semua bangsa Qta???? Jangan sampe yang laen ikut di kLaimmmmm!!!!??? AYO BANGSA INDONESIA!!!!? Qta balas mereka semua. . . . . tapi dengan cara damai?! GAK pake Demo loch yaaaaa…,

    Qta balas dengan KARYA!!!!!!!!

  15. barongan tidak menggambarkan kisah kisah di zaman nabi
    sulaeman dan bukan seekor harimau dan burung merak yang mengembangkan ekornya.bilamana terpandang harimau, merak pun melompat di atas harimau dan terus menari,
    Tiba-tiba Pamong (Juru Iring) bernama Garong yang mengiringi Puteri Raja yang sedang menunggang kuda lalu di kawasan itu. Pamong lalu turun dari kudanya dan menari bersama-sama binatang tadi. Tarian ini terus diamalkan dan boleh dilihat di daerah Batu Pahat, Johor dan di negeri Selangor.

    kenapa barongan tidak menggambarkan kisah kisah di zaman nabi
    sulaeman.
    Karena: di Zaman nabi sulaeman tidak ada harimau dan burung merak menari-menari,di jaman nabi sulaeman itu para binatang bisa bercakap – cakap bersama nabi sulaeman seprti harimau dan burung2 dll, bukan menari2
    Jadi tidak pantas menggambarkan kisah2 di zaman nabi.
    dan bukan harimau dan burung yang di atas kepala harimau menari2 dan di iringi pamong…………..
    Tapi…………………

    Di terusin besok bos… saya mau tutup dulu udah malem, lagi pula toko lagi sepi jadi jam segini dah mau tutup……
    Met malem bosssssssssssss……………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: