Reog Dijiplak Malaysia, Pemkab Ponorogo Didesak Bertindak

Ponorogo – Berbagai kalangan pencinta kesenian Reog di Ponorogo mendesak Pemkab Ponorogo segera bertindak tegas atas dugaan penjiplakan Malaysia terhadap kesenian Reog. Desakan ini muncul dari anggota dewan, para pencinta reog dan pengamat kesenian di Ponorogo. Mereka meminta Pemkab Ponorogo bertindak cepat atas hal ini. Karena kesenian Reog adalah kebanggaan masyarakat Ponorogo.
Kepada detikcom, Suparno, anggota Komisi A, DPRD Ponorogo mengatakan Pemkab Ponorogo agar cepat bertindak dengan mendatangi perwakilan Malaysia di Jakarta untuk mempertanyakan hal ini.
“Kita jangan terlalu lama menunggu, kita harus menyelamatkan Reog Ponorogo. Karena Reog Ponorogo mengandung sejarah cikal bakal Ponorogo,” kata Suparno, Kamis (22/11/2007).
Salah satu pecinta Reog sekaligus Warok di Ponorogo, Ahmad Tobroni mengatakan telah melihat Tarian Barongan milik Malaysia yang persis dengan Kesenian Reog Ponorogo.
Setelah mengetahui apabila ada kesenian yang hampir sama dengan Reog Ponorogo, Tobroni kemudian melakukan pengecekan dengan mendatangi para perajin Reog di Ponorogo.
“Tidak mungkin bangsa Melayu bisa membuat dadak merak persis seperti Reog Ponorogo. Lalu saya tanyakan kepada para perajin Reog apakah mereka mendapatkan pemesanan Dadak Merak dari Malaysia. Ternyata sejak tahun 2000-an, Malaysia banyak memesan dadak merak,” ujarnya.
Tobroni mengatakan hal ini bisa menjadi salah satu bukti apabila Malaysia telah melakukan penjiplakan kesenian Reog dimana alat-alat tari yang digunakan dipesan dari perajin Reog di Ponorogo.
“Pemkab Ponorogo saya harap segera menelusuri hal ini. Jangan lamban dan menunggu. Karena ini bisa membuat masyarakat Ponorogo marah,” ujarnya.
Hingga saat ini Pemkab Ponorogo baik humas maupun Bupati Ponorogo, Muhadi Suyono belum memberikan keterangan resmi berkaitan hal ini. Berbagai kalangan pencinta kesenian Reog Ponorogo rencananya akan menggelar unjuk rasa pada hari ini.
Dari salah satu web site Kementerian Kebudayaan Kesenian dan Warisan Malaysia dipamerkan video Tarian Barongan berdurasi kurang lebih enam menit. Dinyatakan dalam web site tersebut apabila tarian ini adalah warisan Melayu yang dilestarikan di Batu Pahat, Johor dan Selangor, Malaysia.
(mar/mar)

Waskito A – detikcom – 22/11/2007 12:31 WIB

9 Responses

  1. Ayo berjuang untuk mempertahankan Reog Ponorogo. Enak saja dengan mudahnya Malaysia mengklaim kalau itu milik mereka. Ganyang Malaysia, cepat bertinadak SBY. Jangan hanya diam. Benar………….khan

  2. MALAYSIA KEPARAT ,NEGARA PENCONTEK TAK DA KREASI SENDIRI,
    KAMI ANAK PONOROGO TIDAK TERIMA ATAS INI,KALO MASIH MENGAKU-NGAKU,KAMI AKAN ADA KAN PERANG LEWAT JALUR HUKUM.
    MALAYSIA FUCK YOU,BITCH
    MALAYSIA ANJING,

  3. PENGUMUMAN :
    MALAYSIA LAGI BUTUH PROMOSI NEGARA,MAKA DARI ITU MEREKA NYONTEK KEBUDAYAAN PONOROGO.INDONESIA NEGERI KAYA BUDAYA MAKANYA MALAYSIA IKUT IKUTAN KITA.NEGARA BESAR SEPERTI INDONESIA MANG JADI PANUTAN NEGARA PRIMITIF KAYA’ MALAYSIA .

  4. Setuju .. Kita harus cepat bertindak selamatkan aset budaya.. Tidak ada budaya dari Malaysia yang berakar seperti Reog. Karena jelas2 berbeda akar budaya.
    Pemda Jawatimur sebisanya menuntut kepada Pem. Malaysia agar tidak mengklaim tarian barongan berasal dari Malysia. Dan segera mempatenkan Reog dan perlengkapannya ke HAKI internasional..

  5. MALAYSIA BANGSAT….. MALING…….. WAH…. BESOK… JENANG BERAS JUGA DI AKU JUGA WAH AQ JADI GK DAPET OLEH2 ARI TEMAN2 YAN DARI PONOROGOšŸ˜¦

  6. wooo, ntar arek-arek ponorogo marah baru tau ya kamu malaysia,
    ntar kamu-kamu malaysia pada di santet orang ponorogo pada tau rasa ya kamu malaysia

  7. Hmm…. kenapa baru terungkap padahal liat backdropnya aja itu taun 2003 kenapa pemkab ponorogo baru mengungkap sekarang ???di saat pemerintah kita mempermasalahkan lagu rasa sayange. saya yakin hal ini terungkap kerena http://www.reog city.com mengungkit-ungkit masalah ini kalau tidak pemkab ponorogo ga bakalan tau masalah ini saya yakin itu. dan orang2 awam bisanya hanya mengkata-katai malaysia. tidak tau persoalan pastinya. trus apakah ada klaim resmi dari pemerintah malaysia tentang reog ini ??? kalau lagu rasa sayange itu jelas mereka menggunakan jingle sebagai promosi wisata mereka tapi kalau reog ??? ingat apapun kata malaysia dunia tidak akan mengakuinya karena dunia taunya reog berasal dari Ponorogo Jawa Timur Indonesia. pesan saya jangan komentar dahulu sebelom tau berita sebenarnya.

  8. WAH-WAH-WAH SENI KITA KOK D REBUT AYO WONG JOWO SING SENENG REOG AYO KITA PERTAHANKAN SENI BUDAYA KITA JGN SAMPAI DI AMBIL ALIH AMA NEGARA LAIN. KL D KEMBANGKAN BOLEH AJA LAH TP KL D MILIKI AMA NEGARA LAIN JANGAN

  9. @Wahyu, singo, noname: ngapain sih kalian terus mencaci maki malaysia?!?! daripada kita sibuk bersumpah serapah, mending pikirin diri kalian sendiri, apakah kalian sudah memberikan sesuatu yg bermanfaat buat negeri kita?

    baca tulisan lengkap saya disini:
    Kenapa kalian terus mencerca malaysia

    kamal87.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: