Padukan Karawitan dan Reka Tari

ambon-5.jpgMOJOKERTO – Memadu konsep musik musik karawitan dan gerak atau tari. Mbaljigong pun tampil memukau. Spirit Jawa terurai dalam teks lagu yang ditembangkan. Inilah musik mbaljigong yang dipentaskan Dewan Kesenian Kota Mojokerto (DKM) kemarin malam. Mbaljigong berasal dari akronim mbal (cymbal), ji (jidor) dan gong (gong). “Nama tersebut muncul pertama kali muncul saat jagongan di sekretariat Dewan Kesenian Kota Mojokerto (DKM) di Jalan Gajah mada 149 , samping GOR Mojopahit,” ujar Oky Sunarko, seniman yang mengaransemen musik ini.
Adalah Oky Sunarko yang biasa dipanggil Mbah Oky bersama Darto Kuswandi, Gatot Sableng, Saiful Bakri, M.Misbakh, Danang, Sugeng, Cak Run dkk yang memang rutin berkumpul di sekreatriat DKM pada malam hari yang mencetuskan nama ini.
Seluruh lagu ditulis dan diaransemen oleh Mbah Oky sekaligus Darto Kuswandi sebagai penata musik. Oky Sunarko, sehari-hari adalah guru di SMA Taman Siswa Kota Mojokerto, memang menjadi motor komunitas musik ini. Harap maklum, pengalaman berkesenian nya memang sudah lama dan lintas seni, mulai seni rupa, musik keroncong, karawitan, campursari. “Ah, saya hanya mengalir saja kok dalam berkesenian,” kata Oky Sunarko.
Sedangkan, Darto Kuswandi sehari-hari mengajar di SMPN 1 Kota Mojokerto, setiap Sabtu-Minggu menjadi mahasiswa Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya jurusan karawitan.
Untuk memainkan musik ini, setidaknya 25-an orang terlibat. Sebanyak 13 untuk pemusik, 5 penari dan sisanya mereka yang di belakang panggung. “Setelah selesai dalam bentuk CD kami ingin menyebarluaskan ke sebanyak mungkin lembaga kesenian dan pihak – pihak yang berminat mengundang kami,” kata Saiful Bakri, yang bertindak sebagai Pimpinan Produksi sekaligus Manajer Mbaljigong pada pentas malam itu. Ide tersebut terinspirasi dari beberapa kelompok msik etnik kontemporer yang memiliki CD.
Meskipun tergolong baru, namun kelompok ini sudah memiliki beberapa kali pengalaman pentas. Antara lain, menjadi musik pembuka dalam kompetisi balap sepeda internasional Tour de Java di Alun-Alun Kota Mojokerto, tampil di Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta mewakili DKM. Festival Seni budaya Majapahit 2007 di Pendapa Agung Trowulan, Minggu lalu serta dalam rangka Hari Listrik Nasional di PLN Mojokerto, serta Pembukaan pameran UKM oleh PKK Kota Mojokerto di GOR A Yani Kota Mojokerto beberapa waktu lalu.
Karena lahir dan dibesarkan oleh DKM, maka musik ini pun bertanggung jawab terhadap DKM. Apalagi, Oky Sunarko dan Darto Kuswandi sebagai biro musik di DKM maka mbaljigong pun bertanggung jawab kepada DKM. (in)

Radar Mojokerto, Kamis, 22 Nov 2007

 

Kontak person:
1.Saiful Bakri, Pimpinan produksi 081 330 06 1978,
Email: dewankeseniankotamojokerto@gmail.com
http://dewankeseniankotamojokerto.blogspot.com
2.Ibu Anis Sutomo, Wakil Ketua Dewan Kesenian Kota Mojokerto 081 231 51 792.

 

 

 

4 Responses

  1. BAGUS…acara ini.membangun citra bangsa yang cinta pada kebudayaan.I’m support for all.succes 4 you!!!:)

  2. Cak Ipul,
    terus terang ak baru aja baca artikel ini tentang Mbaljigong, wah salut buat Cak Ipul dan kawan yg tetap eksis berkesenian, dan melahirkan karya-karya terbaik untuk bangsa. Hebat Cak Sampean………aku bangga, semoga sampean terus berkarya di dunia kesenian.

  3. assalamualaikum salam budaya, pertama melihat website ini saya meresa kagum, kedua tergugah untuk berkaria, ketiga ingin mendalami kesenian daerah, wahhhh kalo semua melihat web ini pasti bangga jadi putra daerah karena kekayaan kesenian tradisionalnya…………!

  4. mengapa dunia ini hanya di kuasai oleh agama-agama timur tengah? islam,kristen ,yahudi..selain alasan rebutan pengaruh merasa paling benar,apalagi..mungkinkah ekonomi atau motivasi politik lain sehingga konflik terus terjadi…saya tidak melihat hal ini di agama agama timur;hindu,budha,tao,kongcu,kejawen dll…realistiskah kita masih menghamba pada mereka..www.kejawenmaneges.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: