Seniman Beri Semangat Pengungsi

BLITAR- Banyak cara dilakukan untuk mewujudkan kepedulian terhadap pengungsi Gunung Kelud. Para seniman Blitar ingin membangkitkan semangat pengungsi itu dengan musik dan puisi. Mereka akan roadshow ke posko-posko pengungsian dengan mainkan alat musik.
Kemarin mereka mendirikan posko yang dipusatkan di kediaman Bagus Putu Parto di Desa Gogodeso, Kecamatan Kanigoro. Di rumah itu seniman membangun panggung yang didesain secara sederhana sebagai panggung hiburan. Sedikitnya tujuh seniman musik sudah bergabung. Mereka di antaranya ada Fajar Sableng, Yayuk Lanang dan Ferry. Selain itu ada Bagus Putu Parto bersama istrinya, Endang Kalimasada.
Bagus Putu mengatakan pendirian posko itu untuk membangkitkan semangat bagi warga yang menjadi korban kepanikan bencana Gunung Kelud. Meski belum meletus, sebagian masyarakat Blitar dan sekitarnya sempat shock dan trauma. “Di sinilah diperlukan semangat untuk bangkit lagi, agar tidak trauma. Ya dengan musik dan pembacaan puisi, intinya memberikan hiburan kepada pengungsi dan warga agar tidak terbebani,” kata Bagus ditemui di sela-sela persiapan mendirikan posko kemarin.”
Menurut Bagus, posko ini menyuguhkan musik ala kadarnya dengan memainkan alat musik seadanya. Seperti timba, sendok, penutup panci, kaleng, botol dan lain sebagainya. Meski menggunakan alat adanya,tetap enak di dengar. Pasalnya, diiringi dengan gitar. Nah, di tengah-tengah menyanyi menghibur itu, juga diselingi dengan briefing untuk tetap tegar dan tidak trauma dengan bencana.
Rencananya, seniman ini akan ’mengamen’ keliling ke posko pengungsian. Di mana masih banyak pengungsi yang menghuni barak-barak seperti di Nglegok, Garum maupun Gandusari. (ziz)

Radar Tulungagung, Sabtu, 20 Okt 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: