Pariwisata Unmer Bidik Seni Tari

MALANG- Minimnya perhatian mahasiswa pada seni tari tradisional menjadi perhatian serius program D3/D4 Pariwisata Unmer Malang. Bahkan, secara khusus program ini akan mengupayakan sebuah UKM (unit kegiatan mahasiswa) bidang tari.
Direktur D3/D4 Pariwisata Unmer Malang Dr Kun Aniroh mengungkapkan, minimnya perhatian mahasiswa terhadap seni tari tardisional memang telah menjadi fenomena. Kini untuk mengupayakan hal itu kembali sangat sulit. Padahal, bagian dari seni dan budaya itu merupakan hal yang sangat adiluhung. “Sejatinya kalau budaya sudah tercerabut dari akarnya, maka kita telah kehilangan jati diri,” beber dia.
Bahkan, budaya itulah yang akan membentuk pribadi seseorang. Terlebih, di era sekarang ini yang dilihat tidak hanya IQ, tapi lebih pada EQ. Bahkan, berdasarkan penelitian pakar-pakar dunia, IQ hanya dibutuhkan 20 persennya, sedangkan 80 persennya bergantung pada EQ, dalam hal ini tingkah laku. “Karena tingginya peran seni budaya bagi kehidupan, kami akan terus berjuang agar UKM tari di lembaga ini terwujud,” kata dia.
Pertimbangan lain, sebagai program yang mengembangkan ilmu-ilmu kepariwisataan, Kun merasa UKM tari sangat penting. Paling tidak, di sinilah tempat seharusnya mahasiswa nguri-nguri budaya atau melestarikan budaya.
Dengan begitu, budaya Malang, terutama Jatim tidak semakin terkikis oleh arus budaya modern. “Malang memang tidak sama dengan Jogjakarta yang sangat kental nuansa seni budaya. Tapi, semua harus dimulai agar tak semakin hilang,” ujarnya.
Hanya saja, untuk mencapai itu sangat tidak mudah. Pasalnya, Malang sendiri selama ini lebih dikenal sebagai kota yang unggul dalam bidang sains. Sedangkan untuk seni budaya masih jauh. Apalagi, sedikit sekali siswa yang belajar seni dari kecil. “Tidak seperti Jogja yang menjadikan seni pelajaran intrakulikuler. Fakta memang seperti itu. Tapi, tidak harus berkecil hati,” tandas Kun. (nen)

Radar Malang, Selasa, 16 Okt 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: