Tribroto Wibisono: Penyebar Kader Penari

Selain terus bekerja mencipta tari, Tribroto Wibisono merupakan pembina tari yang gigih. Bina Tari Jawa Timur yang menjadi sarananya membina kader-kader muda penari telah menelurkan ribuan penari yang kemudian menyebar ke berbagai daerah, baik sebagai penari maupun ikut mendirikan sanggar tari dan menjadi pelatih tari di daerahnya sendiri.

Cukup banyak tarian gagrak anyar yang muncul sebagai hasil kreasinya yang menjadi langganan Porseni, diantaranya Merak Ngibar dan tarian Guwur Lajer (membeber layar) yang menggambarkan kehidupan nelayan Madura. Bukan hanya tari, Tribroto juga selalu terlibat dalam menciptakan musik iringan tari. Bersama teman-temannya di Bina Tari Jatim menggarap tarian untuk anak-anak Taman Kanak Kanak, yang selalu ditunggu untuk dijadikan bahan ajaran oleh guru-guru TK.

Sedemikian besar eksistensinya sebagai seniman kadangkala kurang diimbangi perhitungan manajemen, sehingga karya-karya kolosal yang digarapnya seringkali malah “besar pasak daripada tiang”. Toh hal itu tak membuatnya berkecilhati, meski harus selalu tekor setiap kali menggarap tarian massal. Meski demikian, kedisiplinannya dalam melatih, diacungi jempol oleh semua anak buahnya.

Bakat tarinya mulai mencuat ketika sekolah di SMA Trimurti Surabaya, sehingga ketika menginjak bangku kelas dua memberanikan diri pindah ke Sekolah Menengah Kesenian Indonesia (SMKI). Begitu lulus SMKI, meneruskan lagi di jurusan tari STKW sambil membantu menjadi pengajar sampai tahun 1996.

Meski lebih dikenal sebagai seniman tari, dalam kesehariannya sebetulnya Tribroto adalah seorang pegawai negeri, jabatan formalnya sebagai Kepala Seksi Kesenian Subdin KebudayaanDinas Pendidikan Nasional Kota Surabaya. Sebelumnya, dia pernah bertugas di seksi kesenian kanwil Depdikbud dan Penilik Kebudayaan Kota Surabaya. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: