Sartono, Pencipta Hymne Guru

Menyebut namanya, mungkin banyak orang yang belum kenal, namun banyak orang yang sudah pernah menyanyikan karyanya. Anak-anak sekolah di berbagai penjuru negeri ini tak asing lagi dengan Hymne Guru yang berjudul “Pahlawan Tanda Tanda Jasa”. Dalam lagu itulah Sartono mengungkapkan kekaguman dan pujiannya kepada para pendidik yang tanpa pamrih, bagaikan pahlawan tanpa tanda jasa. Nama guru selalu hidup dalam sanubari, semua baktinya diukir dalam hati, sebagai prasasti terima kasih atas pengabdiannya. Guru bagaikan pelita dalam kegelapan, laksana embun penyejuk dalam kehausan. Guru adalah pahlawan bangsa, tanpa tanda jasa.

Tahun 1981, Sartono dikirim ke Jepang bersama guru-guru teladan nasional. Pasac bencana Tsunami, dia didatangkan khusus oleh TNI AD (Kopassus) untuk menghibur dan memberi semangat para guru di Aceh agar tidak “patah hati”. Tahun 1963, Sartono masuk sebagai Tim Penghibur TNI dalam kancah revolusi perebutan Irian Barat, sekaligus diperbantukan dalam perbaikan makam para pahlawan yang gugur dalam penerjunan.

Selain Hymne Guru yang monumental itu, Sartono juga menghasilkan 8 buah lagu bertema pendidikan. Perhatiannya yang demikian serius dalam dunia pendidikan dan pengabdiannya sebagai guru, membuahkan penghargaan dari Mendikbud Yahya A. Muhaimin, dan penghargaan Dirjen Pendidikan, Soedardji Darmodihardjo.

Harus diakui, bahwa karya Hymne Guru itu telah mampu memberikan pengaruh psikologis dalam mendorong semangat para guru. Selama 22 tahun pengabdiannya sebagai guru kesenian, khususnya musik, toh posisinya hingga kini masih menjadi guru tidak tetap di SMA Katolik Santo Bernadus Madiun. Begitulah, lelaki yang sering diundang ceraman di berbagai tempat itu, bagaikan nasib dalam syair lagunya sendiri, hidup sederhana, terus mengabdi tanpa pamrih, entah sampai kapan membuah perbaikan nasib dalam hidupnya. (*)

5 Responses

  1. […] puji dan dielu-elukan lewat lirik “Hymne Guru” –yang benar diciptakan oleh Sartono atau T. Prawit, ya? Mungkin pakar “telematika” kita siap untuk membuktikan […]

  2. […] puji dan dielu-elukan lewat lirik “Hymne Guru” –yang benar diciptakan oleh Sartono atau T. Prawit, ya? Mungkin pakar “telematika” kita siap untuk membuktikan […]

  3. […] puji dan dielu-elukan lewat lirik “Hymne Guru” –yang benar diciptakan oleh Sartono atau T. Prawit, ya? Mungkin pakar “telematika” kita siap untuk membuktikan […]

  4. “terpujilah wahai engkau ibu bapak guru……..”

    Mendengar lagu tersebut mungkin kita akan trenyuh dan terharu, bukan karena liriknya dan musiknya yang mendayu-dayu, tapi karena pada saat ini guru ternyata benar-benar tidak mendapatkan jasa yang selayaknya di Indonesia….

    Banyak guru yang hidupnya bisa dikatakan tidak layak dan tidak sejahtera. Bahkan para generasi muda saat ini tidak banyak yang ingin menjadi guru lantaran menjadi guru tidak menjamin kahidupan mereka secara finansial di masa mendatang….

    Pamor pekerjaan sebagai guru pu semakin meredup pada saat ini, para generasi muda lebih senang bila ditanya tentang cita-cita, mereka menjawab ingin menjadi dokter, intrepeneirship, polisi, dll. Hal ini diakibatkan selain masa depan seoeang guru yang dipertanyakan juga karena kualitas guru-gur pada saat ini masih banyak yang kurang profesional dan dianggap tidak mengikuti perkembangan zaman, hasilnya banyak para murid yang maremehkan gurunya….

    Semoga saja semangat yang membara dalam lagu ini mampu memberikan motivasi tersendiri bagi para guru oada saat ini untuk tidak patah semengat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai seorang guru, meskipun mereka benar-benar pahlawan “tanpa jasa”…….HIDUP GURU DAN PENDIDIKAN INDONESIA!!!

  5. JASA ITU PENTING !!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: