Paryoto, Pelestari Seni Tradisi, Magetan

Kesetiaan Paryoto (51 tahun) pada seni tradisi merupakan sumbangsih yang sangat besar pada pelestarian seni tradisi, khususnya seni karawitan. Dia terus bertahan menekuni keahlian seni karawitan sekaligus pengrajin gamelan secara turun temurun dari leluhurnya. Bagaimanapun seni karawitan tak kan mungkin bertahan dan berkembang kalau tidak ada penyediaan atau pembuatan gamelannya sendiri. Pada sisi inilah jasa Paryoto amat besar. Lantaran dia memproduksi gamelan perunggu untuk karawitan Jawa (pelog dan slendro), juga gamelan Bali dan bahkan gamelan Sunda.

Dengan bantuan tenaga kerja sebanyak 60 orang, pesanan datang mengalir dari berbagai penjuru Indonesia, malah dari mancanegara seperti Inggris, Amerika dan Belanda. Keberadaan pengrajin gamelan di Jatim selama ini memang ada di Nganjuk dan Ponorogo (khusus bahan besi/kuningan) serta di Mojokerto yang memproduksi khusus untuk gagrak Jawa Timuran. Namun Paryoto bukan sekadar pengrajin, melainkan dia tahu persis bagaimana pemanfaatannya, lantaran dia juga seorang dalang wayang kulit. Malah, gamelan yang dibuatnya juga disewakan untuk melayani mereka yang tak mampu membeli.

Boleh dikata, lelaki ini memang seniman yang komplit. Dia pelaku aktif berkesenian (sebagai dalang), menyediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk menggelar pakeliran (pembuat gamelan), namun juga mengembangkan aktivitas pedalangan dengan cara aktif berorganisasi. Paryoto menjabat sebagai ketua umum Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Magetan, disamping aktivitas lainnya sebagai pengurus Penghayat Kepercayaan di kabupaten yang sama.

Atas jasa-jasanya melestarikan seni tradisi inilah, maka tidak salah ketika tahun 1992 Paryoto mendapat Penghargaan berupa Piala Upakarti diterimanya dari Presiden RI, kemudian tahun 1996 mendapat penghargaan lagi dari Wakil Presiden RI. (*)

4 Responses

  1. GAMELAN MAGETAN. Kerajinan gamelan di magetan mengerjakan berbagai macam gamelan yang terbuat dari bahan perunggu, kuningan dan besi juga menirima perbaikan gamelan. PENGRAJIN GAMELAN MITRA JAYA 0351.869856, 081 359 140 519

  2. magetan…kota yang penuh dengan potensi. tapi masyarakatnya adem ayem aja🙂

  3. kami mengucapkan terima kasih atas kesetiaan bpk pada seni tradisi bangsa

  4. pengrajin gamelan melayani pembuatan gamelan perunggu laras jawa. juga melayani service serta laras ulang. gong so mudo workshop d/a mertan rt02/08 wirun mojolaban sukoharjo jawa tengah telp:+6281548377702 email: dwi_slo@yahoo.com fb : dwi melur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: