Ki Gondo Maelan: Dalang Wayang Timplong. Merindukan Regenerasi

Meskipun hampir hilang ditelan jaman serta jarang dikenal masyarakat, ki Gondo maelan (68 tahun) mengaku tetap akan terus menekuni Wayang Timplong. Kakek dari 12 cucu ini bukan sekadar mendalang, namun dia sendiri juga memproduksi wayang-wayang dari bahan kayu itu. Karena itu, dalang yang juga pengrajin ini menganggap tidak perlu khawatir mati kelaparan meskipun Wayang Timplong yang ditekuninya semakin sepi tawaran manggung.

Setiap hari dengan setia lelaki tua ini mencari kayu Mentaos untuk bahan Wayang Timplong. Kayu-kayu itu setelah sampai di rumah digergaji menjadi papan, kemudian dijemur, dan akhirnya dibuat sketsa membentuk tokoh-tokoh wayang. Pekerjaan ini dilakukan bertahun tahun, dan tetap tak bosan mengerjakannya.

Konon dalang pertama yang mementaskan Wayang Timplong ini adalah Mbah Tawar, dari dusun Gajah Belor, Desa Jetis, Kecamatan Pace, kemudian berkembang di Nganjuk tahun 1919. Sedangkan yang punya gagasan cakrik wayang ini adalah R. Sariguno, salah satu pujangga dari Keraton Yogyakarta. Lakon wayang ini biasanya cerita babad, lakon Panji dengan tokoh Dewan Sekartaji, Dewi Kilisuci, Dewi Songgolangit atau Prabu Jayabaya di Kediri. Sementara niyaga (pengrawitnya) hanya terdiri dari lima orang.

Dari tiga dalang wayang Timplong yang tersisa, hanya Ki Gondo Maelan yang masih eksis menerima pesanan Wayang Timplong. Suatu kali pernah dia memamerkan keahliannya mendalang di Jakarta dan Unesa untuk kepentingan penelitian. Dalang yang tinggal di Desa Getas, Kecamatan Tanjunganom, Nganjuk, ini pernah mendapat perhatian dari Biografical Centre Cambridge (BCC) dari Inggris.

Dalam usianya yang terus merambat senja, toh Ki Gondo Maelan mulai terusik untuk melakukan regenerasi. “Saya sudah tua, ingin mencari pengganti, tapi tak ada yang mau menekuni wayang ini. Semoga cucuku yang masih sekolah di SMP mau mewarisi bakat dalangku,” katanya sendu, penuh harap. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: