Biodata Tjahjono Widijanto, Ngawi

Nama: Tjahjono Widijanto. Tempat/tanggal lahir: Ngawi, 18 April 1969. Pendidikan: Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. IKIP Negeri Malang (sekarang Universitas Negeri Malang). Profesi : Sastrawan (Penyair/esais)

Prestasi/Pengalaman : 1) Pemenang Pertama (I) Lomba Mengulas karya

Sastra Tingkat Nasional Tahun 2002 yang diadakan oleh Majalah Sastra Horison, Depdiknas dan Ford Foundantion. Dengan judul makalah: Estetika Bahasa dan Kosmologi Jawa dalam Asmaradana karya Goenawan Mohamad

2) Pemenang Kedua (II) Sayembara Kritik Sastra Nasional Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) tahun 2005. Dengan judul makalah: “Cala Ibi”: Novel Kontemplatif Meditatif Sufistik dari Pulau Ternate.

3) Pada tahun 1996 diundang Dewan Kesenian Jakarta untuk membacakan karya (puisi) pada acara Mimbar Penyair Abad 21 di Taman Ismail Marzuki Jakarta

4) Pada tahun 2004 untuk kedua kalinya diundang Dewan Kesenian Jakarta untuk membacakan karya di Taman Ismail Marzuki (TIM) dalam acara Cakrawala Sastra Indonesia 2005.

5) Pada tahun 2005 kembali diundang Dewan Kesenian Jakarta untuk mengikuti Simposium Kritik Seni sekaligus menerima penghargaan sebagai Pemenang Kedua Sayambara Kritik Sastra Nasional yang diadakan DKJ.

6) Pemenang kedua (II) Lomba Mengulas Karya Sastra th. 2005 (Depdiknas dan majalah Horison) dengan judul makalah: Konsep-konsep Spritualisme Timur Dalam Kumpulan Cerpen Godlog karya Danarto.

7) Salah satu finalis Lomba Lingkungan Hidup (PKLH) tingkat Nasional th. 2005 di Jakarta dengan judul makalah: “Membangun Kota Berwawaskan Humanisme Ekologis”

8) Salah satu cerita pendeknya berjudul “Coro” menjadi salah satu nominasi LMCP (Lomba Menulis Cerita Pendek) 2003, yang diadakan oleh Horison dan Depdiknas.

9) Pada tahun 1996 dinobatkan sebagai salah satu Penyair Pilihan Jawa Timur versi Bengkel Muda Surabaya.

Aktivitas dan Produktivitas : Menulis puisi, eseai, dan cerpen di berbagai Jurnal, Majalah dan Koran di luar negeri dan di dalam negeri. Antara lain: Jurnal PERISA Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia, Bahana (Brunei Darusasalam),Jurnal Ulumul Qur’an, Jurnal Puisi, Jurnal Perempuan, Majalah sastra HORISON, Kompas, Media Indonesia, Matra Suara Pembaruan, Matra, Suara Karya, Jawa Pos, Surabaya Pos ,Surya, Lampung Pos, Bali Pos, dll.

-Pada tahun 1988 Mendirikan Majalah Kebudayaan IKLIM yang terbit di Malang sekaligus menjadi salah satu Redakturnya (1989-1990).

-Aktif berteater bersama teater Ideot Malang dari th. 1987-1994

-Ikut memprakarsai berdirinya Majalah Kebudayaan Kalimas Surabaya dan menjadi salah satu Redakturnya (1992-1994)

-Ikut mendirikan majalah kebudayaan Lontar di Ngawi sekaligus menjadi salah satu redakturnya (1996-2004).

-Ikut mendirikan Studi Lingkar Sastra Tanah Kapur Ngawi, dan aktif sebagai penggeraknya hingga sekarang (1995-sekarang)

-Menjadi pendiri dan ketua kelompok teater Zat Ngawi (1998-sekarang).

Buku-buku yang dihasilkan : Puisi Tak Pernah Pergi (Kompas, 2003), Angkatan 2000 Dalam Sastra Indonesia (Grasindo, 2000), Ekstase Jemari (1995,: antologi tunggal), Dunia Tanpa Alamat (DKJT, 2003—antologi tunggal). Birahi Hujan (Dewan Kesenian Jakarta dan Logung Pustaka, 2004), Mimbar Penyair Abad 21 (Balai Pustaka, Jakarta 1996), Bapaku Telah Pergi: Antalogi Penyair Pilihan jawa Timur (Surabaya, 1995), Akulah Ranting (Dioma, Malang 1996), Antologi Cerpen dan Puisi Indonesia Modern: Gerbang (Pustaka Pelajar, Jogyakarta 1997), Memo Putih (DKJT, 2000), Keajaiban Bulan Ungu (DKS, 2000), Apa kabar Sastra? (Kumpulan Eseai, DKJT, 2002). Tegak Lurus dengan Langit (Kumpulan artikel Pemenang Lomba Mengulas karya sastra Nasional, 2002), Dunia Bayang-bayang (Surabaya, 1995), Antologi Sastra Kepulauan (DKSS: 1999), dll.

Alamat : Menetap di Ngawi, Jawa Timur, alamat: jl. Hasanudin Gg. Cimanuk 1A Ngawi. Telp. (0351) 744894; H.P: 08155615593. Email: esais@plasa.com (*)

4 Responses

  1. halo mas,salam kenal ya. kbtlan saya buka kompas,trnyata saya ada teman dingawi yng punya bnyak kreatifitas di sastra.tp sayang saya belum pernah baca karya mas.mgkin lain waktu kita bs ketemu. saya dulu tinggal di jln kyai mojo,gang nangka,dkt dungdani.skrna tinggal dijgj,dan punya keinginan tuk bisa membaca dan menulis karya satra dengan baik.
    jika ini terbalaskan aku mengucapkan terimakasih.

  2. apresiasi untuk karya2 seninya. Satu dari sedikit “wong ngawi” yang bisa menjadi sumber inspirasi.
    salam kenal ya mas, aku kecil tinggal di nambangan-pelem ngawi, hoby bantuin nyebrangin pake prahu tambangan….

  3. salam sejahtera
    saya norjanah ingin mohon bantuan saudara mencari keluarga bapak saya yang berasal dari pelem, ngawi. di kampung pelem sekitar tahun 1930 an moyang lelaki bernama ali, pensiun askar belanda, anaknya bernama sukimin kahwin dengan sarah dapat anak lelaki dinamakan sukiran iaitu bapak saya. saya sekarang bekerja sebagai guru di smk kampung raja, 39010 tanah rata, cameron highlands, pahang, malaysia. sekitar 1940 an sarah bercerai dengan sukimin dan kahwini salleh lalu pindah ke aceh membawa bapak saya. kemudian sekitar tahun 1950 an bapak ke malaya masa itu naik tongkang dari aceh turun di pantai remis, negeri perak. akhirnya kerja sebagai tentera dan kahwin dengan ibu saya di muar, johor, malaysia. sukimin kahwin dengan seorang jururawat kerja di
    hospital pelem dapat anak anak nama sudarsini, sudarmini dan selamat. jadinya saya ingin sekali bertemu dengan adik adik bapak jika mereka masih ada di pelem. bapak saya meninggal tahun 2000 diumur 74 tahun. emak saya masih ada dan sangat berhajat bertemu adik adik bapak jika masih hidup. emak berumur 80 tahun sekarang dan saya mahu segera ketemu mereka. saya telah ke jakarta pada 27 ogos 2010 lalu untuk mencari maklumat dari saudara di aceh yang menetap di jakarta. dari situ saya diberitahu bapak dari ngawi manakala emak di beritahu bapak dari pelem. jadi saya benar benar mohon bantuan dari sesiapa dari pelem mahupun ngawi mencari keluarga bapak saya. menurutnya dulu datuknya iaitu moyang saya bernama ali adalah pensiun sarjan askar belanda dan dikenali ramai di kampungnya. moyang saya meninggal dunia sekitar 1965 mungkin isterinya dikatakan keturunan siam. saya juga ingin ketemu keluarga nenek saya iaitu sarah yang maklumatnya saya tidak tahu. saya mohon saudara tolong sampaikan hajat saya kepada sesiapa yang dapat membantu. terima kasih

  4. pak cahyo… saya punya hobi menulis, setiap karya pasti punya kekurangan dan kelebihan, saya ingin bapak menilai hasil karya saya.
    dr x-murid bpk d sman 1 ngawi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: