Bupati Probolinggo Raih Anugerah Seni Budaya

PROBOLINGGO – Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin meraih penghargaan bidang seni budaya tingkat Provinsi Jatim. Gubernur Imam Utomo berkesempatan memberikan langsung penghargaan tersebut Sabtu lalu.

Sayangnya Bupati Hasan tak bisa hadir sendiri dalam acara di kantor Dinas P dan K Provinsi Jatim itu. Supanut, kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Probolinggo mewakili bupati menerima penghargaan itu.

“Pak Gubernur sempat bertanya kemana Pak Bupati tak hadir sendiri? kebetulan aktivitas bupati memang sedang padat. Sehingga beliau tidak bisa menerima sendiri penghargaan itu,” kata Supanut.

Hasan menerima penghargaan bersama 10 seniman Jawa Timur. “Penghargaan itu memang diberikan kepada seniman-seniman terbaik di Jawa Timur. Itu adalah program tahunan Dinas P dan K Jatim,” jelas Supanut.

Menariknya, penghargaan seperti yang diraih Hasan baru pertama kali diraih oleh tokoh kepala daerah. “Selama 10 tahun diadakannya program penghargaan seniman, baru pertama kali ini ada kepala daerah yang dapat. Bupati Probolinggo adalah yang pertama kali dapat,” kata Supanut.

Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas peran serta dan kepdulian dalam bidang seni dan budaya. Selain kepada Bupati Hasan, penghargaan khusus seni dan budaya diberikan kepada PT HM Sampoerna dan Bank Jatim.

Menurut Supanut, ada tim juri independen yang menilai para tokoh. Jumlah nomitatornya ada ratusan orang. Namun, yang dipilih hanya 10 orang seluruh Jawa Timur.

Dalam penghargaan itu disebutkan beberapa alasan mengapa Hasan Aminuddin terpilih. Hasan dinilai berhasil menggali potensi daerah lewat seni dan budaya. Hasan juga dianggap memiliki komitmen kuat mengembangkan potensi kesenia dan budaya di Kabupaten Probolinggo.

“Sejak 2 tahun ini ada kenaikan signifikan dana untuk kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Probolinggo. Dalam beberapa tahun ini ada banyak kegiatan kesenian dan budaya. Misalnya saja festival makanan dan minuman se-Jatim, festival musik patrol, kesenian Glipang,” kata Supanut.

Sebelum ini, menurut Supanut, bupati juga aktif terlibat dalam kegiatan seni budaya Bang-Bang Wetan bersama Emha Ainun Nadjib.

Bupati Hasan sendiri ketika dikonfirmasi mengenai hal ini hanya menjawab singkat. ” Tugas kepala daerah adalah melakukan banyak hal. Termasuk urusan seni dan budaya. Mungkin seorang bupati harusnya memang begitu,” katanya.

Hasan juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang membantunya. “Semua pegiat kesenian budaya di Kabupaten Probolinggo dan seluruh Jawa Timur. Juga kepada tim Bang-Bang Wetan,” katanya. (nyo)

Radar Bromo, Senin, 08 Okt 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: