Penghargaan untuk Dedikasi



Gubernur Beri Award Sepuluh Budayawan
SURABAYA – Sepuluh seniman Jatim yang dinilai punya dedikasi, prestasi, dan warisan monumental kembali mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jatim Imam Utomo. Penghargaan itu diberikan dalam acara Penganugerahan Penghargaan Gubernur Jatim kepada Seniman/Budayawan se-Jatim 2007. Kemarin (6/10), acara tahunan itu dihelat di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jatim, Jalan Jagir Wonokromo.

Para penerima penghargaan itu adalah Agus Sunyoto, almarhum Amnan (Bolet), Sabrot D. Malioboro, Tjuk Sudarma, Solomon Tong, Subiantoro, Sumitro Hadi, Umi Kulsum, Emil Sanossa, serta Max Arifin. Masing-masing menerima Rp 10 juta plus penghargaan.

Rasa girang dan bangga pun menghinggapi para penerima penghargaan itu. “Uangnya bisa buat Lebaran,” kata Umi Kalsum, seniman ludruk berumur 85 tahun.

Meski bangga, Umi Kalsum masih menyimpan gundah. Dia prihatin terhadap kelangsungan ludruk yang sudah digelutinya selama puluhan tahun itu. “Usaha saya ndak ada yang meneruskan. Anak saya juga ndak mau. Terus, mau jadi apa ludruk nanti?” keluh wanita yang bergabung dengan ludruk RRI sejak 1952 tersebut.

Selain untuk seniman dan budayawan, gubernur menyerahkan penghargaan kepada institusi yang berperan memajukan seni dan budaya di Jatim. Beberapa yang menerima penghargaan adalah Bank Jatim, PT HM Sampoerna, dan Bupati Probolinggo Hasan Aminudin. “Bank Jatim diberi penghargaan salah satunya karena mereka memasang begitu banyak lukisan di kantornya. Kalau Sampoerna, mereka punya House of Sampoerna yang sering menjadi tempat pameran karya seni. Hasan Aminudin dinilai sangat mendukung perkembangan seni di Problolinggo,” papar Ketua Tim Penghargaan Seniman Jatim Aribowo.

Gubernur juga memberikan tali asih kepada 400 seniman se-Jatim yang dianggap punya peran meramaikan khazanah seni. Nilainya Rp 1 juta per orang plus bingkisan.

Gubernur mengatakan, yang diberikan pemprov itu sesungguhnya tak sebanding dengan dedikasi para seniman dan budayawan tersebut. Imam Utomo juga menegaskan, “Meski saya sudah tidak menjabat lagi, saya jamin acara ini akan jalan terus karena anggarannya sudah disiapkan.” (nar)

Jawa Pos, 7 Oktober 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: