SUPARTO BRATA (sastrawan, Surabaya)

Lelaki berperawakan kecil, berkacamata, namun selalu gesit ini adalah pengarang Surabaya yang luar biasa produktif. Lahir di Surabaya, 27 Februari 1932, tamat SMAK St Louis Surabaya tahun 1956, pernah bekerja di kantor telegrap PTT, perusahaan Dagang Negara Dyaya Bakti, dan terakhir menjabat staf humas Kotamadya Surabaya hingga pensiun (1971-1988). Sejak itulah dia selalu menyebut pekerjaannya adalah Pengarang Merdeka, meski ratusan tulisannya sudah dimuat di berbagai media, sebagai wartawan free lance di berbagai media maupun penulis fiksi sejak tahun 1951 dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa (1958).

Soeparto juga terlibat dalam penulisan buku riset antara lain: Hari Jadi Kota Surabaya (1975), Master Plan Surabaya 2000 (terbit 1976), Pertempuran 10 November 1945 (1986), Sejarah Pers Jawa Timur (1987) dan Sejarah-sejarah Panglima Brawijaya (1988). Namanya telah tercatat dalam buku Five Thousand Personalities of the World, sixth edition, 1998, terbitan The American Biographical Institute. Bapak empat anak ini juga mencatatkan prestasinya sebagai pemenang Hadiah Rancage 2000 sebagai jasanya mengembangkan sastra dan bahasa Jawa, kemudian tahun 2001 kembali mendapat Hadiah Rancage karena telah membuktikan kreativitasnya dalam karya berjudul Trem. Karyanya berjudul Saksi Mata masuk nominasi lima besar Khatulistiwa Literary Award Indonesia’s Best Fiction Award.

Sampai dengan tengah November 2002, tercatat 116 karya tulis berupa buku, novel, naskah drama, skenario sinetron, cerita bersambung, dan beberapa diantaranya dinyatakan menang dalam lomba penulisan cerita fiksi dan nonfiksi. Karyanya berjudul Kunanti di Selat Bali, menang sayembara novel majalah Putri, dibukukan Kartini Group dan disadur dalam bahasa mandarin dan diterbitkan di RRC oleh Prof. Madya Ju San Yuan. Sedangkan karya berupa cerpen sekitar 60 buah yang terselamatkan klipingnya dari berbagai media massa.

(sumber: Buku Penghargaan Seniman Jatim, 2002)

2 Responses

  1. Memang perlu adanya blog yang merangkum nama pengarang, khususnya yang ada di Jawa Timur

  2. pak parto saya salut sama bapak penulis gaul banget. terus berjuang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: