Fasilitas Berkesenian di Surabaya

Kompleks Balai Pemuda. Kompleks Balai Pemuda terdiri dari Gedung Merah Putih, Gedung Balai Pemuda, Galeri Dewan Kesenian Surabaya (DKS), kantor DKS (Dewan Kesenian Surabaya), sekretariat Bengkel Muda Surabaya (BMS), sekretariat Teater API, sekretariat Festival Seni Surabaya, gedung bioskop Mitra 21, dan sekretariat KNPI Kota Surabaya. Kompleks Balai Pemuda adalah salah satu pusat aktivitas kesenian dan pemuda di Surabaya. Setiap hari Balai Pemuda ada pameran kerajinan rakyat dan sangat sering acara kesenian di gelar di Kompleks Balai Pemuda Surabaya. Salah satu pusat aktivitas kesenian di Surabaya adalah di Kompleks Balai Pemuda.

Gedung Cak Durasim, terletak di Taman Budaya Jawa Timur, Jalan Gentengkali. Gedung Cak Durasim terdiri dari kantor Taman Budaya Jawa Timur, gedung teater tertutup Cak Durasim, gedung teater terbuka Taman Budaya, Pendopo Taman Budaya sering dipakai latihan dan pertunjukan tari, dan ruang Taman Budaya yang sering digunakan untuk pameran lukisan. Kompleks Taman Budaya Jawa Timur juga menjadi salah satu pusat aktivitas kesenian di Surabaya: mulai dari latihan tari, menyanyi, musik, teater, dan diskusi kesenian. Di kompleks Taman Budaya Jawa Timur terdapat puluhan mess (tempat menginap, wisma seni) dengan harga murah sekali sehingga berbagai kelompok kesenian dari daerah bisa menginap di sana kalau sedang main di Surabaya. Info: Taman Budaya Jatim. 031.5342128, Sinarto (Kabag TU): 081.2327.3630

THR (Taman Hiburan Rakyat), Jalan Kusuma Bangsa. THR dahulu adalah salah satu pusat kesenian tradisional di Surabaya, seperti ludruk, ketoprak,wayang orang, Srimulat, dan pasar rakyat. Setelah dibangun menjadi mall (THR Mall) dimana gedung kesenian tradisional diletakkan di belakang mall maka kesenian tradisional tidak ada yang menonton. Berkali-kali Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota Surabaya, dan beberapa seniman Surabaya berusaha menghidupkan kembali aktivitas kesenian rakyat (tradisional), tetapi sampai hari ini belum berhasil. Saat ini kesenian tradisional sudah tidak ada di sana.

Taman Remaja Surabaya, terletak di sebelah selatan THR. Taman Remaja merupakan arena kesenian remaja, musik dangdut, band, mainan, dan aktivitas kesenian anak-anak TK dan SD.

Gelanggang Remaja. Gedung milik Pemerintah Kota Surabaya ini ditahun 1970-an pernah menjadi salah satu pusat kesenian di Surabaya. Banyak acara diskusi kesenian, latihan teater, tari, dan berbagai pertunjukkan kesenian pernah digelar di sana, tetapi saat ini tidak terurus. Sekarang lebih banyak untuk olahraga dan perkantoran.

Gedung Balai Sahabat (dulu untuk kesenian, untuk teater, pembacaan puisi, dan sebagainya, tetapi sekarang tidak diurus. Sekarang untuk kelompok masyarakat tertentu dalam rangka aktivitas sosial), terletak di Jalan Gentengkali

Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL), di Jalan Darmokali 10-12. CCCL adalah lembaga kebudayaan milik Pemerintah Prancis. Sejak dulu CCCL selalu menjadi tempat pertunjukan kesenian Prancis, kesenian dari Jawa Timur, Surabaya, dan Indonesia pada umumnya. Pemerintah Prancis, melalui CCCL, sangat intens melakukan kerjasama kesenian dengan para seniman Surabaya dan Jawa Timur. Kontak: 031.567.8639, 562.0079, email: budaya@ccclsurabaya.com. http://www.ccclsurabaya.com

House of Sampoerna (HoS), jalan Taman Sampoerna. Gedung milik perusahaan rokok PT Sampoerna ini banyak memajang hasil produksi rokok dan cafe. Gedung ini banyak diisi acara berupa pameran seni rupa.

Orasis Art Gallery, Jalan HR Muhammad. Galeri ini milik perorangan dan sangat intensif menyelenggarakan pameran lukisan dan acara diskusi kesenian.

Emmitan Fine Art Gallery, Jalan Walikota Mustajab. Galeri ini milik perorangan. Galeri ini sangat sering menyelenggarakan pameran lukisan para pelukis nasional dan Jawa Timur. Acara diskusi kesenian juga sering diselenggarakan di sini.

Galeri Surabaya (milik Dewan Kesenian Surabaya dan Yayasan 66), Jalan Yos Sudarso. Galeri ini hampir tidak pernah kosong dari acara kesenian. Mulai dari pameran lukisan, teater, musik, diskusi, tari, pertunjukan film, dan kesenian tradisional. Galeri Surabaya terletak di Kompleks Balai Pemuda Surabaya. Info: DKS. 031.5454120, Farid Syamlan (Manager Galeri): 081.7391883

ITS Cultural Center, Jalan Cokroaminoto. Gedung milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini sering digunakan acara kesenian oleh mahasiswa maupun seniman teater Surabaya. Baik untuk pentas maupun diskusi kesenian dan kebuadayaan.

Gracia Art Gallery, Jalan Bukit Darmo Golf. Galeri ini sering digunakan untuk pameran seni rupa, baik karya seniman Surabaya, Jawa Timur, dan nasional.

Auditorium Unesa, Jalan Lidah Wetan. Gedung milik Unesa ini juga sering digunakan untuk diskusi kesenian dan kebudayaan, untuk pentas, dan pameran lukisan. Tidak hanya mahasiswa yang memanfaatkan gedung ini, tetapi banyak seniman Surabaya dan luar Surabaya memanfaatkannya.

Auditorium UK Petra, Jalan Siwalan Kerto, di kompleks Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya. Gedung ini sering digunakan pentas teater, sastra, dan pameran lukisan. Bahkan ditahun 1996 pernah digunakan pentas teater dan tari dalam acara Festival Seni Surabaya(FSS).

Gedung Jatim Expo, Jalan Ahmad Yani. Gedung untuk pameran barang-barang industri, perdagangan, kesenian, dan berbagai aktivitas lainnya. Gedung milik Pemerintah Provinsi ini merupakan gedung baru yang belum banyak dimanfaatkan para seniman.

Gedung Bank Jawa Timur, Jalan Basuki Rachmad. Gedung milik Bank Jawa Timur ini sering digunakan acara pentas teater. Beberapa kali pentas teater dalam skala besar dipentaskan di sini. Misalnya pentas Teater Gandrik dari Yogyakarta.

Pendopo Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta. Pendopo STKW sering digunakan pentas tari dan teater para mahasiswa STKW maupun para seniman Surabaya lainnya.

Gedung Graha Pena (milik Jawa Pos), Jalan Ahmad Yani. Beberapa ruangan di dalam gedung ini sering digunakan untuk acara diskusi seni dan budaya. Juga pernah untuk pentas Teater Gandrik

Gedung AKSERA atau Gedung Krishna Mustajab, terletak di Jalan Dukuh Kupang XXVII No 20. Sering digunakan untuk pameran lukisan para seniman Surabaya dan Jawa Timur. Juga banyak digunakan untuk diskusi kesenian dan kebudayaan. Termasuk untuk acara Festival Seni Surabaya I. Kontak: 031.563.2648

Gedung bekas museum Mpu Tantular, saat ini, sebagian gedungnya, merupakan sekretariat Dewan Kesenian Jawa Timur (DK Jatim). Di ruang milik Dewan Kesenian Jawa Timur itu mulai sering digunakan acara kesenian, seperti diskusi kesenian, pembacaan puisi, dan pertunjukan kesenian dalam skala kecil. Sementara di bagian gedung utama, sesekali digunakan untuk pameran lukisan. Gedung ini terletak di Jalan Raya Darmo Surabaya. (*)

 

8 Responses

  1. kapan teater gandrik pentas

  2. minta saran buat studi riset tugas akhir. mengenai gedung atau sanggar seni mana di surabaya yang perlu di desain ulang ??, karna Tugas akhir saya sendiri mengambil tempat di surabaya dengan obyek nya gedung atau sanggar seni..judul tugas akhir saya Desain interior “Warung apresiasi” sebagai wadah pecinta dan penikmat seni surabaya..
    jadi sangat butuh sarannya…

  3. mohon bantuannya untuk mendapatkan data peminat, dan pengunjung kesenian teater di surabaya.
    ini untuk data pendukung penyusunan proposal tugas akhir.
    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  4. judul tugas akhir saya, “pusat pembinaan dan pagelaran seni teater di surabaya”.
    saya membutuhkan data tersebut diatas, untuk memperkuat asumsi saya.
    jadi saya sangat membutuhkan data tersebut.
    terima kasih.

  5. Saya yanuar dari Semarang saya bergerak di bidang Event Organiser saya butuh data komunitas Grafitti mohon bantuannya saya butuh temen temen Grafitti wilayah Semarang, Surabaya, Jakarta, Bali, Bandung, Jogja apa ada referensi yang bisa di berikan ke saya…!!! mohon bantuannya sebelum dan sesudahnya saya haturkan Terima Kasih.

  6. Saat saya kuliah di ITS tahun( 90’an), saya mengikuti kegiatan seni karawitan dan tradisional teater. Apakah di Cak Durasim ada kelompok seni karawitan? kalau ada saya pengin gabung dan belajar mendalaminya lagi, karena waktu kerja saya agak longgar pada sore hari. Siapa yang bisa dihubungi? Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: